Minggu, 05 Mei 2013

Membuat Widget Hanya Tampil pada Halaman Awal (Homepage)Membuat Widget Hanya Tampil pada Halaman Awal (Homepage) - Jika kita menggunakan widget seperti misalnya slider vertikal sidebar yang sudah saya bahas sebelumnya, mungkin kita akan berfikir untuk menjadikan widget tersebut untuk di prefer ke homepage atau halaman awal saja dan tidak di tampilkan pada halaman postingan, kenapa begitu? karena biasanya pada situs-situs besar seperti kompas.com, slider homepage dijadikan sebagai salah satu widget dengan feature yang "cukup" menambah kesan "profesionalitas", seperti yang sudah saya terangkan pada postingan-postingan sebelumnya bahwa kebanyakan blog yang menggunakan fitur slider article mungkin adalah blog seputar informasi dan berita yang secara rutin meng-update artikelnya.

Contohnya bisa juga kita lihat pada blog kang rohman, homepage blog beliau terdiri dari 3 kolom seperti layaknya situs portal berita serta dilengkapi dengan widget daftar "panduan blogger terbaru" dan "panduan wordpress terbaru", akan tetapi setelah kita lihat pada halaman postinganya, kang rohman tidak menampilkan kedua widget tersebut pada halaman postpage, karena mungkin disini kang rohman hanya bermaksud untuk "sekedar" membuat sedikit navigasi atau daftar isi dari kedua kategori tersebut bagi pengunjung yang mungkin mencarinya.

Selain itu, anda juga tidak usah khawatir cara ini akan membuat blog anda menjadi berat atau berantakan, justru blog anda malah akan menjadi semakin dinamis, tersusun rapi, dan ringan karena ada beberapa widget yang dihilangkan atau disembunuikan pada halaman postingan atau postpage. Cara ini adalah salah satu refrensi dari blog rekan saya id-pemula. Well, bagi anda yang berminat untuk mencobanya, langsung saja disimak yang berikut ini.


Cara ini menggunakan tampilan baru Edit HTML blogger

1. Login ke Blogger.

2. Pilih Template.

3. Klik "Cadangkan/Pulihkan" > Klik "Unduh Template Lengkap".

4. Setelah template ter-unduh, klik kanan pada file template (.xml), lalu pilih "open with" dan buka dengan notepad/wordpad.

5. Cari kode sidebar yang mirip seperti di bawah ini (gunakan CTRL+F), karena struktur kode setiap template agak sedikit berbeda.

<b:widget id='HTML5' locked='false' title='slider vertikal' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>

6. Lalu jika misalnya anda menginginkan agar widget "slider vertikal" seperti diatas agar hanya muncul pada halaman awal, maka anda hanya perlu menyisipkan kode berwarna merah hingga sususan kodenya menjadi seperti di bawah ini.

<b:widget id='HTML5' locked='false' title='slider vertikal' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Keterangan: kode yang berwarna biru diatas dapat anda rubah dengan judul dari widget yang ingin anda tampilkan pada halaman awal, misalnya anda punya widget dengan judul "iklan", maka anda harus mencari kode seperti pada langkah ke-5 atau ke-6 diatas dengan kode yang berwarna biru bertuliskan 'iklan'.

7. Klik "save".

8. Terakhir, Upload lagi template ke blogger.

Demikian informasi seputar tutorial blog tetang membuat widget hanya tampil pada halaman awal (homepage), semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Happy Smart Blogging...

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!